Kuliah Gratis ke China dengan Beasiswa CGS

Beasiswa CGS – China Government Scholarship bisa menjadi salah satu jalan untuk bisa kuliah gratis di Negeri Tirai Bambu ini.  Beasiswa CGS ini diberikan oleh Pemerintah China kepada pelajar Internasional dan bukan merupakan warga negara China. CGS ini berbentuk skema yang menaungi lebih dari 200 Universitas di Tiongkok yang telah ditunjuk untuk mendaftarkan para pelajar internasional melalui beasiswa ini.

Beasiswa yang diberikan dapat bersifat full (beasiswa penuh) dapat juga bersifat parsial tergantung bagaimana mendaftar ini. Jika kamu mendaftar melalui Kedubes China di Jakarta, kamu dapat memilih beasiswa full atau beasiswa parsial. Sedangkan apabila kamu mendaftar langsung ke universitas tujuan maka jenis beasiswa yang kamu dapatkan hanya Full Scholarship atau beasiswa penuh.

Beasiswa yang diberikan kepada pelajar yang ingin menempuh studi S1, S2, S3 ataupun para pelajar yang ingin melakukan penelitian di China. Cakupan beasiswa yang bisa kamu dapatkan untuk beasiswa penuh meliputi biaya kuliah, tempat tinggal, asuransi kesehatan, buku hingga uang saku. Sementara itu, jika yang kamu ambil adalah Partial Scholarship maka yang kamu dapatkan hanya beberapa dari beasiswa penuh.

Pada beberapa universitas menyediakan program Master dan Doktor dengan bahasa pengantar  Bahasa Inggris atau Mandarin. Namun, apa bila kamu ingin memilih program dengan bahasa pengantar Mandarin, kamu akan dibantu oleh pihak universitas dengan memberikan kursus persiapan Bahasa Mandarin gratis selama 1 sampai 2 tahun sebelum perkuliahan dimulai.

Berikut adalah jenis beasiswa internasional dari Pemerintah China yang tercakup dalam CGS:

  1. Chinese Government Scholarship – Chinese University Program, berupa pemberian beasiswa penuh untuk jenjang S2 dan S3 di universitas di China. Bahasa pengantar yang digunakan yakni Bahasa China dan Bahasa Inggris. Beasiswa ini dibuka setiap tahun pada awal Januari sampai awal April.
  2. Chinese Government Scholarship – WMO Program, berupa beasiswa parsial yang didirikan untuk Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) dan di khususkan bagi pelajar Internasional yang ingin belajar dan melakukan penelitian di bidang meteorology, hidrologi, dan pengawasan & manajemen sumber daya air di China. Beasiswa ini dibuka untuk semua jenjang S1, S2, dan S3 setiap tahun pada bulan Januari sampai akhir Februari.
  3. Chinese Goverment Scholarship – AUN Program, berupa beasiswa penuh bagi pelajar S2 dan S3 untuk kandidat dari negara-negara ASEAN. Beasiswa ini dibuka pada awal Januari hingga awal April setiap tahun.
  4. Chinese Government Scholarship – Bilateral Progam, dapat berupa beasiswa penuh maupun parsial hasil kerjasama antara China dengan negara yang bersangkutan. Beasiswa yang disediakan mulai S1, S2, sampai S3. Pendaftaran dibukan awal Januari sampai april setiap tahun.
  5. China – Indonesia Scholarship in Higher Education Program, berupa beasiswa penuh untuk program sarjana, master hingga doctoral yang dikhususkan bagi pelajar Indonesia yang memiliki minat belajar ilmu kelautan, medis, kesehatan, pariwisata, pendidikan dan jurusan yang diperlukan lainnya.

Berikut beberapa syarat umum untuk mengikuti beasiswa kuliah di China S1, S2, maupun S3:

  • Bukan merupakan warga negara Republik Rakyat China
  • Berada dalam kondisi kesehatan yang baik
  • Berusia makasimal 25 tahun (S1), 35 tahun (S2), 40 tahun (S3). Untuk pelamar program General Scholar berusia maksimal 45 tahun dan telah menyelesaikan setidaknya 2 tahun studi Bachelor. Sementara itu, untuk pelamar program Senior Scholar harus berusia maksimal 50 tahun dan telah memegang gelar Master atau Profesor.

Selain itu, perlu disiapkan pula beberapa dokumen sebagai berikut:

  1. Application Form for Chinese Government Scholarship
  2. Salinan ijazah terakhir
  3. Transkrip nilai
  4. Rencana studi atau proposal riset (minimal 800 kata)
  5. Dua surat rekomendasi yang ditandatangani oleh Profesor atau Associate Professor
  6. Dokumen sah dari wali hukum di China jika berusia dibawah 18 tahun
  7. Memiliki surat penerimaan (LoA) dari universitas yang di tuju.
  8. Paspor

 

|Baca juga : Daftar Beasiswa ke Jepang Yang Dibuka Setiap Tahunnya

 

Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu dan dapat menimbulkan motivasi untuk lebih giat mengejar impian dan Terimakasih telah berkunjung, salam Mr alex Course