Beasiswa DAAD Kuliah di Jerman 2020

Mralexcourse –  Siapa sih yang enggak mau mendapat beasiswa kuliah gratis Jerman? Tempat Pak B.J. Habibie ini sangatlah termasyur namanya terutama di bidang teknologi. Sudah tidak terkira jumlahnya torehan prestasi dari negara yang berjulukan negeri romantis ini dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Tak heran, banyak pemuda-pemuda kita bahkan dunia yang ingin melanjutkan studinya disana.

Bagaikan pusat gravitasi yang besar, banyak pelajar yang tertarik untuk menimba ilmu di Jerman. Untuk memfasilitasi keinginan tersebut, pemerintah Jerman mengadakan sebuah program beasiswa yang bernama DAAD Scholarship. DAAD Scholarship atau beasiswa DAAD menyediakan program beasiswa S2 yang bernama Development-Related Postgraduate Courses (EPOS). Program beasiswa Development-Related Postgraduate Courses (EPOS) ini menawarkan kesempatan bagi kamu lulusan S1 yang telah memiliki pengalaman kerja profesional selama dua tahun untuk mengembangkan dirimu dengan studi S2 di salah satu universitas terpandang di Jerman selama 12-36 bulan tergantung dari jurusan yang kamu pilih.

Untuk saat ini bidang-bidang yang difokuskan oleh beasiswa ini antara lain adalah:

  • Economic Sciences/Business
  • Administration/Political Economics
  • Development Cooperation
  • Engineering and Related Sciences
  • Mathematics
  • Regional and Urban Planning
  • Agricultural and Forest Sciences
  • Natural and Environmental Sciences
  • Medicine and Public Health
  • Social Sciences, Education and Law
  • Media Studies

DAAD mendapatkan pendanaan dari Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman. Untuk program master, pelamar yang terpilih akan mendapatkan beasiswa sebesar 8050 Euro per bulan. Jika terpilih menjadi awardee dari beasiswa ini, maka MAC Friends akan mendapatkan biaya bulanan sebesar 750 – 1000 EUR; biaya kesehatan, kecelakaan, dan keperluan pribadi lainnya; biaya perjalanan pergi ke dan pulang dari Jerman.

Wow, menarik banget ya teman-teman! Pasti sekarang penasaran sama persyaratannya deh, tenang udah MinLex siapin kok, adapun persyaratannya adalah kamu harus bekerja di pemerintahan atau perusahaan BUMN maupun swasta yang lingkup kerjanya terkait dengan perencanaan dan eksekusi proyek-proyek yang juga bersinggungan dengan teknologi, ekonomi, dan area sosial. Selain itu, kamu juga harus memiliki gelar sarjana yang kamu raih selama empat tahun studi dan gelar sarjana tersebut tidak berusia lebih dari 6 tahun.

Untuk persyaratan kemampuan bahasa, jika MAC Friends mendaftar untuk jurusan yang menggunakan bahasa Jerman maka kamu diharuskan untuk menguasai bahasa Jerman minimal di level A2. Jika MAC Friends bisa berada di level B1 maka akan jauh lebih bagus. Kemampuan berbahasa Jerman ini penting karena kamu perlu mengikuti tes DSH 2 atau Test DaF 4 di awal studimu nanti. Jika kamu bisa mendapatkan beasiswa ini, maka beasiswa yang kamu dapatkan akan mencakup 6 bulan belajar bahasa Jerman sebelum masuk universitas. Sedangkan jika kamu memilih jurusan yang berbahasa Inggris maka kamu harus memiliki nilai 6 untuk IELTS atau nilai TOEFL 550 untuk paper-based, 213 untuk computer based, 80 untuk internet based.

| Baca juga : Info Beasiswa Kuliah Keluar Negri

Hal lain yang juga harus MAC Friends persiapkan untuk mendaftarkan diri pada beasiswa ini adalah bukti pengalaman kerja yang harus dilampirkan dalam bentuk sertifikat yang menandakan bahwa kamu telah bekerja di posisi tertentu dalam jangka waktu tertentu, surat referensi dari atasanmu yang idealnya menjamin bahwa kamu akan dipekerjakan kembali setelah usai menamatkan studi S2 di Jerman nanti. Kemudian, kamu juga harus menyiapkan motivation letter yang menjelaskan mengapa kamu tertarik melanjutkan studi S2 di jurusan yang kamu mau dan apa kaitannya dengan pekerjaan yang kamu lakukan saat ini.

| Baca juga : Kursus Bahasa JERMAN | Tebet – Jakarta

| Baca juga : Kursus Bahasa JERMAN | Pare – Kediri

Gimana MAC Friends? Sudah siap mendaftar belum nih? Atau pengen daftar tapi terkendala kemampuan baik itu bahasa Jerman atau Bahasa Inggris? Tenang, enggak usah sedih gitu dong, segera aja daftar ke kursus kami Mr Alex Course. Kami enggak hanya menyediakan kursus TOEFL dan IELTS yang menjadi syarat wajib kuliah di luar negeri nih, tapi ada juga kursus bahasa Jerman dari A1 sampai B2! Tunggu apa lagi? Yuk segera daftar dan raih beasiswa impianmu! Sumber : (Ehap.id)