Kenali 5 Beasiswa ini untuk Melangkah Kuliah ke Luar Negeri

Bisa melangkah kuliah ke luar negeri dengan beasiswa, merupakan sebuah dambaan setiap anak bangsa. Selain untuk meningkatkan kualitas ilmu dan pengalaman, mendapat beasiswa kuliah luar negeri merupakan sebuah kebanggaan dan prestasi yang luar biasa. Inilah yang menjadi topik menarik dari artikel ini yang akan membahas 5 Beasiswa untuk Melangkah ke Luar Negeri. Berikut rekomend 5 beasiswa kuliah luar negri

  1. Beasiswa Pemerintah

Beasiswa Pemerintah merupakan pemberian bantuan keuangan pendidikan oleh pemerintah kepada seseorang demi berlangsungnya pendidikan yang ditempuh. Untuk dapat berkuliah di luar negeri dapat memanfaatkan beasiswa pemerintah ini, baik yang disediakan oleh pemerintah Indonesia atau pemerintah luar negeri. Di Indonesia, terdapat beberapa beasiswa yang dapat digunakan untuk kuliah ke luar negeri sebagai berikut:

  • Beasiswa LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang lebih dikenal dengan sebutan LPDP merupakan lembaga di bawah naungan Kementrian Keuangan yang rutin memberikan beasiswa kepada pelajar Indonesia yang memiliki prestasi serta keterampilan kepemimpinan terbaik. Beasiswa LPDP ditujukan kepada mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 (Magister) dan S3 (Doktor).

Batas maksimal masa studi yang dibiayai yakni 2 tahun untuk program Magister dan 4 tahun untuk program Doktor. Orang-orang yang akan mendapatkan beasiswa dari LPDP merupakan orang-orang pilihan dengan kriteria terbaik diantara semua pendaftar untuk melakukan pendidikan lanjutan di dalam maupun di luar negeri.

Biaya yang ditanggung oleh beasiswa LPDP meliputi biaya pendaftaran, tunjangan buku, biaya tesisi/disertasi maupun pebelitian, biaya wisuda, transport pergi dan pulang ke lokasi tujuan, asuransi kesehatan, biaya aplikasi visa, serta termasuk biaya hidup dan kedatangan. Pendaftaran beasiswa LPDP dibuka sepanjang tahun dengan proses seleksi yang dilakukan sebanyak 4 kali. Pendafatran dilakukan secara online melalui website resmi LPDB http://www.lpdp.kemenkeu.go.id.

 

Beberapa syarat umum untuk apply beasiswa LPDP antara lain:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Merupakan lulusan Sarjana atau Magister di Universitas terakreditasi Ban-PT
  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi
  • Banyak berpartisipasi dalam kegiatan social kemasyarakatan

 

  • Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia turut serta dalam upaya peningkatan SDM dengan memberikan beasiswa pendidikan yang dikenal dengan Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi. Beasiswa ini berikan kepada pelajar Indonesia pada jenjang S1, S2 dan S3. Bagi calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi tertentu dapat mengikuti beasiswa ini, selain itu mahasiswa yang sudah memasuki perkuliahan maksimal semester 2 juga berkesempatan untuk mengikuti beasiswa ini. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi memiliki prioritas pada beberapa bidang keilmuan, sebagai berikut:

  1. Pendidikan (PAUD dan PGSD)   Kurikulum dan Pendagogi
  2. Manajemen dan Kebijakan Pendidikan   Perfilman
  3. Seni Pertunjukan   Seni Musik
  4. Kebudayaan   Perpustakaan
  5. Arkeologi   Teknologi Informasi
  6. Kebijakan Publik   Pariwisata
  7. Industri Kreatif   Teknologi Pangan
  8. MIPA   Maritim
  9. Pertanian   Energi

 

  • Beasiswa DIKTI

Beasiswa DIKTI memberikan bantuan dana pendidikan pada jenjang S1, S2, dan S3 yang dikhususkan untuk lingkup tenaga pendidik di Indonesia guna meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan mas studi akan pulang kembali ke Indonesia untuk mengajar dan berbagi pengetahuan dalam ruang lingkup Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti). Beberapa macam beasiswa DIKTI berdasarkan peruntukannya:

  • Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN)

Diperuntukkan bagi dosen perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) atau tenaga pendidik di bawah ruang lingkup Kementerian Ristek dan Dikti. Beasiswa BPP-DN merupakan beasiswa yang diberikan penuh dapat dipergunakan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang S2 dan S3 di beberapa perguruan tinggi dalam negeri.

  • Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN)

Beasiswa ini serupa dengan BPP-DN namun dengan tujuan mengambil gelar S2 atau S3 di universitas-universitas luar negeri. Beasiswa ini juga diberikan secara penuh meliputi uang kuliah, biaya hidup, tiket pesawat, asuransi kesehatan dan biaya buku.

  • Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional

Beasiswa PKPI merupakan program non gelar yang berlangsung minimal 4 bulan ditujukan bagi mahasiswa S3 pascasarjana penyelenggaran BPP-DN yang ingin membuat publikasi internasional pada jurnal internasional yang bereputasi seperti melakukan penulisan makalah/artikel dengan mitra luar negeri.

  • Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa ini terbuka untuk pelajar yang telah lulus SMA/SMK/Sederajat dan ingin melanjutkan pendidikan D IV/S1 maupun D III. Beasiswa berlangsung selama masa perkuliahan yakni 8 semester untuk D IV/S1 dan 6 semester untuk DIII. Beasiswa Bidikmisi meliputi pembebasan biaya SNMPTN, SBMPTN dan seleksi mandiri pada salah satu Perguruan Tinggi, jaminan biaya hidup sementara, bebas biaya pendidikan yang dibayarkan ke perguruan tinggi dan subsidi biaya hidup minimal Rp 600.000/bulan disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup wilayah yang ditempati.

 

  1. Beasiswa Universitas

Banyak universitas-universitas atau perguruan tinggi dalam maupun luar negeri memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik.

Di Indonesia, beasiswa diberikan oleh universitas atau perguruan tinggi yang cukup ternama seperti:

  • Beasiswa Korporat dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI)
  • Beasiswa Ekonomi dari Universitas Pertamina

 

Sebagai contoh beberapa beasiswa universitas luar negeri seperti:

  • ANU International University Scholarship dari Australian National University
  • Trustee Scholarship dari Boston University
  • Art Major Asian (AMA) Scholarship dari Korea National University of Arts (K-Arts)

 

  1. Beasiswa Swasta/Sponsor

Beasiswa swasta biasanya disediakan oleh institusi seperti perusahaan besar atau korporat. Umumnya beasiswa yang ditawarkan berbentuk program corporate social responsibility (CSR) perusahaan. Sebagai contoh beberapa beasiswa dari perusahaan atau korporat antara lain:

Indonesia:

  • Beasiswa Tanoto Foundation (Program TELADAN)
  • Beasiswa Astra dari PT. Astra Internasional Tbk.
  • Djarum Beasiswa Plus
  • Beasiswa Sampoerna Foundation
  • Beasiswa BCA Finance

Luar negeri:

  • Gates Cambridge Scholarship dari Bill and Melinda Gates Foundation, Inggris
  • The Khazanah Asia Scholarship in Collaboration with Ancora Foundation, Malaysia
  • KPMG Asean Scholarship
  • Nitori International Scholarship Foundation, Jepang

 

  1. Pertukaran Pelajar

Program pertukaran pelajar merupakan peluang bagi para pelajar untuk dapat merasakan pendidikan di sekolah lain yang umumnya diselenggarakan antar negara. Hal ini dilakukan dengan tujuan peserta yang terlibat dapat menyerap berbagai disiplin ilmu dan teknologi serta ajang pertukaran budaya. Penyelenggaraan pertukaran pelajar ke luar negeri di Indonesia umumnya sudah disertai beasiswa dengan syarat dan ketentuan. Untuk dapat mengikuti program pertukaran pelajar setidaknya kamu harus memiliki prestasi akademis yang bagus dan memiliki kemampuan berbahasa asing yang bagus pula.

Beberapa program pertukaran pelajar antara lain:

  • YFU Indonesia Intercultural Exchange Programs, ditujukan bagi pelajar SMA (17-23tahun) untuk berkesempatan tinggal dengan keluarga angkat Amerika Serikat dan berkuliah selama 2 tahun di sebuah community college.
  • Indonesia-Canada Youth Exchange Program (ICYEP), untuk pelajar berusia 18-23 tahun yang nantinya akan berada di Kanada selama 3 bulan untuk menjalankan program pengembangan masyarakat utamanya di bidang lingkungan dan kesehatan.
  • Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia (IMYEP), untuk pemuda-pemudi Indonesia yang telah siap secara fisik dan mental berusia 23-28 tahun. Program ini berlangsung selama 14 hari dengan kegiatan meliputi workplacement, courtesy call dan cultural performance.

 

Nah itu dia rekomend dari kami 4 beasiswa kuliah luar negri. Sudah siap mendaftar belum nih MAC Friends? Gimana dengan score IELTS atau TOEFL nya? Sudah memenuhi persyaratan belum nih? Kalau belum yuk segera daftarkan diri kamu di Mr Alex Course sekarang juga! Agar kamu bisa mendapatkan score terbaikmu, agar kamu bisa meraih cita-cita kuliah di luar negeri. Ada beberapa program Kursus kami silahkan MAC Friends kunjungi : Daftar Program IELTS, TOEFL, JERMAN